Engine dan Scene Graph
Di dalam grafika komputer, 3D merupakan bentuk grafik yang menggunakan representasi data geometri tiga dimensi. Grafik 3D ini tersimpan didalam komputer untuk keperluan kalkulasi atau rendering gambar 3D.
Game Engine adalah system
perangkat lunak yang dirancang untuk menciptakan dan pengembangan video game.
Ada banyak mesin permainan yang dirancang untuk bekerja pada konsol dan sistem
operasi seperti Windows, Linux dan Mac OS. Engine bukanlah executable program,
artinya engine tidak bisa dijalankan sebagai program yang berdiri sendiri.
Diperlukan sebuah program utama sebagai entry point atau titik awal jalannya
program. Game engine adalah program yang "memotori" jalannya suatu
program game.
Scene Graph adalah suatu
komponen penting dalam pengembangan game engine. Scene graph berisi semua
hal-hal tentang geometri dan grafik pada suatu game. Scene graph berguna untuk
mempresentasikan translasi, rotasi dan pengaturan skala dari suatu objek dengan
objek yang lain. Misalnya dalam komponen suatu objek, saat ingin memindahkan
komponen tersebut dengan cara merotasikannya, dengan adanya scene graph, kita
bisa memindahkan objek tersebut sesuai dengan grafik dan graph untuk
memposisikannya dengan benar. Hal itu membuat perhitungan hal-hal seperti itu
akan lebih mudah.
Bentuk dalam game engine
banyak macamnya, yaitu :
1.
OGRE 3D
OGRE (Object-Oriented
Graphics Rendering Engine) adalah engine yang objek-oriented & flexible 3D
rendering pada game engine yang ditulis dalam bahasa C++ serta didesain untuk
mampu men-developer dengan intuitif & mudah kepada aplikasi produksi dengan
menggunakan utility hardware-accelerated 3D graphics.
Fitur-Fitur yang terdapat
pada OGRE
Desain yang objek
oriented dengan menggunakan plugin untuk mempermudah memasukkan fitur lainnya.
Engine berbasis scene
graph dengan bantuan untuk sebuah varietas yang luas, octree, BSP, & Paging
Landscape scene manager
OGRE mendukung program
vertex dan fragment selama ditulis dengan GLSH, HLSL, Cg dan Assembler
Liblaries mempunyai fitur
memory debugging & loading resource dan archive-nya.
Tersedia konten tools
untuk 3D modeler, seperti 3D Studio Max, Maya, Blender dll
2.
GameMaker Studio
GameMaker Studio adalah
game creation system yang dikembangkan oleh Mark Overmars dari YoYoGames
menggunakan bahasa pemrograman Delphi. GameMaker memungkingkan penggunanya
untuk membuat dan mengembangkan game dengan mudah tanpa perlu belahar bahasa
pemrograman yang rumit dengan menggunakan interface drag dan drop-nya. Aplikasi
ini memang ditujukan untuk pemula yang ingin mempunyai ide dan ingin
mengembangkan idenya menjadi game tanpa dibutuhkannya pengalaman programming
atau koding.
Salah satu masalah yang
mungkin akan dihadapi pemula yang ingin menggunakan GameMaker ialah disaat GameMaker
merupakan pintu masuk bagi pengguna tanpa pengalaman di dunia programming,
interface dan penggunaan GameMaker yang sangat user-friendly bisa menjadi
pedang bermata dua baginya. Memang benar hal ini bisa membantu seseorang untuk
belajar koding, tapi tidak mengajarkan seorang koding itu sendiri. Membuat
pengguna pemula susah untuk berpindah ke program yang lebih maju dan lebih
profesional daripada GameMaker.
3.
Unity3D
Unity 3D pertama kali
dirilis pada saat acara Apple's Worldwide Developers Conference di tahun 2005.
Pada versi awal Unity hanya dapat digunakan di Mac Platform yaitu OS dari
produk apple. Namun sekarang Unity 3D berubah menjadi software multi platform
yang juga dapat dijalankan pada Windows OS dan Linux OS. Pada dasarnya 3D ini merupakan
salah satu jenis game engine dan game development berbasis 3D. Akan tetapi
Unity juga bisa dalam membentuk game 2D. Dengan metode asset workflow dan
script yang simple dapat memudahkan user dalam mengembangkan game secara
mandiri dan membuahkan hasil yang setara dengan perusahaan game developer.
Referensi :
http://haiqal26.blogspot.com/2018/03/mengenal-software-pembuatan-game-3d.html
diakses 28 April 2020
http://aep-shareit.blogspot.com/2016/03/softskill-teknologi-game-bisnis-dalam_24.html
diakses 28 April 2020
Komentar
Posting Komentar